Seandainya eksplorasi itu aman dan terjaga pastilah khawatir itu tiada

Sepenting apa eksplorasi ?

Bagi kita semua, eksplorasi merupakan hal yang menyenangkan dan tentu saja baik juga bermanfaat. Mungkin kita setuju bahwa ekplorasi yang paling menyenangkan adalah eksplosari yang kita lakukan atas dasar keinginan dan sendiri, keinginan tiba-tiba untuk masuk hutan-hutan, keinginan tiba-tiba untuk menjelajahi pinggiran kolam dan lain sebagainya. Kita  mungkin mempunyai banyak pengalaman saat masih kanak-kanak dimana saat itu kita di jam sekolah saat bertemu dengan teman kita yang sefaham dan sependapat untuk mengitari hutan di belakang sekolah atau mencari ikan-ikan kecil di sungai jalan pulang. Tentunya itu sangat menyenangkan, namun apakah itu aman mengingat semuanya kita lakukan di area luar sekolah dan tanpa diketahui guru atau siapapun yang akan jadi penolong kita jika terjadi sesuatu ?.Tentu tidak, dan karena itu saat ini kita sebagai orang tua kadang membuat kita tak tenang jika melihat anak kita yang aktif dan selalu ingin tahu banyak hal seperti saat kita masih kecil dulu. Namun, apakah memilih cara dengan melarang anak melakukan hal tersebut dan menyekolahkan anak kesekolah berpagar tinggi agar tak bisa keluar adalah pilihan terbaik ?. tentu saja bukan walau itu bisa sedikit menenangkan kekhawatiran kita. Bagaimanapun eksplorasi adalah hal yang sangat harus di alami seorang anak.

Lalu apa solusi terbaik yang bisa kita lakukan ?

Solusi terbaik untuk mendapat keduanya (ketenangan kita dan anak tetap bisa ekplorasi) adalah dengan menyekolahkan anak di sekolah yang memahami pentingnya dua hal tersebut dengan menyediakan program-progam kegiatan serta sarana prasarana yang mendukung anak bisa ekplorasi tanpa membuat orang tua khawatir anak akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Tapi adakah sekolah yang seperti itu ?

Tentu saja ada, salah satunya Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti yang terletak di Kp. Jawaringan Ds. MekarBakti Citra Raya, Panongan KabupatenTangerang. Juga merupakan bagian dari JaringanSekolahAlamNasional (JSAN) yang konsep pengajarannya ditemukan oleh Bpk. Ir. Lendo Novo, MM atau biasa disapa Bang Lendo.

Disana sekolah menyediakan lapangan hijau, kebun, kolam, area outbond dan lain-lain sebagaitempat anak bisa banyak mencari dan mengetahui sesuatu tanpa harus keluar dari gerbang sekolah dan terlepas dari pandangan guru-guru disana.

Selain anak-anak bisa eksplorasi sendiri, sekolah pun memang menggunakan metode pembelajaran yang sebagian besar nya dilakukan di luar ruangan, selain itu sekolah secara terjadwal sering melakukan Tracking, home visit, kunjunganke orang-orang berpengaruh, study tour, OTFA (Out Tracking Fun Adventure), Puspa satwa, sains fair dan masih banyak lagi sehingga disana anak akan mendapat pandangan belajar yang saaaaaaangat luas.

Disana juga setiap anak akan ditelusuri minat bakat serta bahasa cintanya sehingga setiap guru dan orang tua bisa memahami kelebihan dan kelemahan setiap anakjuga cara mendidik anak dengan tepat sesuai sifatnya,

Apa saja jenjang yang ada di Sekolah Alam Tangerang mekarBakti ?

Di Sekolah Alam Tangerang MekarBakti terdapat program KB, TK, SD dan SM (sekolah menengah).

Jadi bagaimana masih bingung mencari sekolah yang tepat untuk anak anda ??

Back to top